Pentingnya Komunikasi

By 2:28 AM , , , , , ,

Definition of communication
1.  1:  an act or instance of transmitting the communication of disease
2.  2a :  information communicated :  information transmitted or conveyedb :  a verbal or written message The captain received an important communication.
3.  3a :  a process by which information is exchanged between individuals through a common system of symbols, signs, or behavior the function of pheromones in insectcommunicationalso :  exchange of informationb :  personal rapport a lack of communication between old and young person


                                          source : https://www.merriam-webster.com/dictionary/communication




      Another post yang ditujukan untuk tugas mata kuliah TKI. Ehehe, dan kebetulan gue mendapatkan pengalaman yang pas untuk dihubungkan dengan topik ini. Since we were born, we were fated to be a social being. Which means that without the presence of another human, you are bound to have a mental disorder. Kenapa ?? Komunikasi yang "proper" adalah salah satu elemen dalam kehidupan manusia yang menjaga kita tetap waras. Kebutuhan manusia akan interaksi langsung maupun tidak langsung dengan sesamanya atau sesama mahkluk hidup adalah mutlak. Salah satu contoh yang bisa gue kasih adalah ketika kemarin lusa gue dan perwakilan dari himpunan gue (Himabio Nymphaea) disuruh untuk nemenin anak-anak peserta Summer School yang diselenggarakan oleh SITH ITB. I see two white men dari Amerika, dan gue belum tau namanya.
         Sebagai orang Indonesia, pasti lah ada rasa minder ketika ngeliat dua orang bule yang white and blonde dan... tampan (/heh) di depan kita, dan pasti rasanya malu untuk nyapa. Alasan rasa malu tersebut dapat berupa ketidakpercayaan dirian akan kapabilitas bahasa Inggris kita, atau ramalan yang dilakuin oleh otak kita kalau kita ga bakal bisa menjawab mereka. Heck, gue juga bingung pas waktu itu... antara nyapa dan tidak. Setelah gue pikir-pikir ini adalah kesempatan once in a lifetime. Gue ingin punya banyak temen untuk berbagi pengalaman.. bukan cuman dari Indonesia.. dari seluruh dunia. Kenapa ? Supaya wawasan gue bertambah dan cara gue memandang suatu masalah pun berkembang. Dengan pemikiran tersebut gue langsung menyapa orang bule yang ada di kanan...

Gue : "Hey! I'm Grace, what is your name ?"
Jacob : "Jacob~ What is your name again ?"
Gue : "I'm Grace hehe"
Jacob : "So.. do you watch Game of Thrones?"

         And so on.. gue terus bercakap-cakap dan akhirnya kenalan dengan bule di sebelah kiri yang bernama Taylor. Gue juga kenalan dengan temen-temen baru dari Vietnam loh, Truc Binh and the gang~ meski gue gak terlalu ngerti english yang mereka ucapin, karena logat Vietnamnya kental banget, tapi gue seneng banget punya tambahan lima temen baru dari Vietnam. Call me cabe ato apalah seperti yang temen gue Natha bilang, tapi at least gue udah menambah dua teman dari USA dan lima teman dari Vietnam.

Gue sama Jacob dan Taylor Summer School kemaren

Gue dan Sigit sama Phan Văn Thạch dari Vietnam


     Pengalaman gue di atas merupakan salah satu dari sekian banyak contoh tentang pentingnya komunikasi. Komunikasi memerlukan keberanian, untuk memulai hubungan dengan orang yang belum kita kenal. Tanpa komunikasi dan a little bit of courage, gue mungkin akan melewatkan moment tersebut dan gue akan berakhir gak kenal dengan satu orangpun dari program Summer School tersebut. Komunikasi pun harus dilakukan dengan "proper" sehingga dapat terjalin pertemanan. Yang dimaksud dengan "proper" itu relatif, tergantung dari kasus yang kita hadapi. Pokoknya inget aja four golden rules gue in communication kesopanan, penyesuaian diri, ketulusan, dan keramahan :).

       Komunikasi bukan hanya dalam bentuk lisan, tetapi juga tulisan. Komunikasi dengan tulisan dapat menjangkau banyak orang, ato bahkan menggerakkan hati banyak orang. Dengan komunikasi, kita bisa mendapat relasi yang baru, mencurahkan perasaan kita, pendapat kita, keinginan kita, keresahan kita dan lain-lain. Komunikasi adalah hal yang membuat hidup kita sebagai manusia complete. Tanpa komunikasi, kita pasti gak akan waras, kosong, dan kesepian (kasian amat). Kebayang hidup tanpa komunikasi ya ? apa-apa sendiri.. apalagi ketika punya permasalahan di pendem sendiri dan akhirnya demons inside mengambil kontrol dengan suara-suara hati yang negatif. Kalo permasalahan tersebut gak dikomunikasiin ke orang, kita bakal dihantui dengan suara-suara hati yang negatif mungkin the worst case bisa bunuh diri. Makanya gengs.. Sekarang udah tau kan pentingnya komunikasi ? Baik lisan dan tulisan, komunikasi yang bener akan membuahkan hasil yang baik kok :).

Mohon maaf kalo tulisan ini kurang sistematis dan agak random, semoga tulisan ini bisa menjadi berkat buat lu lu semua ya gengs.

You Might Also Like

1 comments


  1. Q kerja di Hongkong 3 THN dlu Amat trsiksa Majikan gak baik Tiap hari di marahin kerja terus 24 jam jarang istrahat tidur mlm Kerja sampe subuh pgi klo lagi libur sekolah sibuk masak" boro" bisa istrirahat, pokoknya kerja.. kerja truss... jd TKW Bikin kapok tersiksa batin 3 THN, kebetulan wktu itu ada teman Q kenal namanya Mbah Jenggot di facebook, awalnya Q ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa..!! katanya sering di bantu sm beliau. ternyata dia seorang guru spritual Pesugihan Anka Togel 2D sampai 6D dan Pesugihan Dana Ghaib , tp Q beranikan diri coba telpon beliau. Tp Q memilih Pesugihan Dana Ghaib nya. Alhamdulillah benar2 terbukti nyata hasilnya, Q di Hongkong bisa pulang ke indonesia degan selamat jg dah Alhamdulilah 😇😇 jika ada teman minat ingin tlpn beliau ini nmr nya +6282291277145 smg bisa di bantu sprti Q. Amin...


    ReplyDelete

Search