Dari Solontongan ke Ganesha dari SMEA ke ITB with Faith and Zenius

By 11:45 PM , , , , , , , , , , ,

source

Halo semuanya, gimana kabarnya ? hehehe abis SBMPTN tentu adalah saat yang tepat untuk melepas stress. Gue pribadi merayakannya dengan masak tiap hari buat keluarga. Yang lulus, selamat ~ gue ikut seneng atas keberhasilan lo, lo termasuk sekian persen dari setengah juta lebih lulusan SMA/SMK/MAN yang berhasil. You're special, You did it !!! Sedangkan yang gagal, well.. buat angkatan sekarang, masih ada tahun depan, buat angkatan gue (2014) you still have one more chance.

Sekarang gue mau cerita tentang pengalaman gue.
Perkenalkan nama gue adalah Grace Aprilia Helena, anak SMK. Ya SMK.. entah kenapa itu label itu bikin para siswanya pada minder. Why ? Karena orang-orang sering memandang SMK itu sebagai pencetak manusia-manusia yang hanya diperuntukkan untuk kerja aja.
Sempet gue minder karena embel-embel " lulusan SMK " itu. Ga cuma gue, tapi keluarga besar gue juga. Damn that hurt like a lot. Bayangin disaat lo di kamar, dan seluruh anggota keluarga lo dan mama lo terang-terangan ngomongin lo selagi lo ada dikamar dan mereka ngomonginnya sengaja dibesar-besarin biar nyindir lo dan optimisitas lo.

" Si Grace pilihan SBMPTN dimana aja ? "
" Bla, bla bla "
" Ah ngapain perempuan sekolah tinggi-tinggi, ga menjamin bakal ngehasilin uang banyak, tau diri lah lulusan SMK mah. "
" Iya tuh gatau, ga nyadar diri kalo orang tuanya penghasilannya ga seberapa. " ---  emak gue
" Jaman sekarangmah percuma sekolah tinggi-tinggi, tu liat tukang kerupuk aja bisa jadi milioner. "

* Jadi gue harus jadi tukang kerupuk gitu ? * :'''(

" Teuing tah, ganyadar diri pisan orang tuanya gimana. PEREMPUAN ITU GAUSAH SEKOLAH TINGGI-TINGGI, YANG PENTING NIKAH DAPET SUAMI KAYA. " --- emak gue... lagi..

* Keluarga gue ngerti ga ya arti emansipasi wanita itu apa ? *

Keterangan :
- Yang ditulis capslock, suaranya digedein
- Yang diapit tanda bintang, yang dipikirin gue waktu itu

Well, kala itu gue cuma bisa diem di kamar, doa sama Lord JC dan dengerin lagu motivasi dari Namie Amuro, Brighter Day. Gue ngerti keskeptisan mereka, gue ngerti point of view mereka. Karena gue adalah lulusan terbaik bidang teknologi di SMK gue, gue pernah juara 1 olimpiade matematika dan debate. Tapi.... gue ga lolos dan ga masuk PTN manapun tahun kemaren.
Ga cuma ga lolos SNMPTN ato SBMPTN aja guys, kalo ditotal gue udah 5 kali ditolak.
Sakitnya tuh di kokoro (kokoro=hati) gue tau gak. Ketika lo udah ngebayangin diri lo diterima di PTN dan ngejalanin ospek dengan riang gembira pada saat pengumuman, tapi ternyata lo gaditerima.

Kegagalan gue :
1. SNMPTN
2. SBMPTN
3. UTUL UGM
4. SMUP UNPAD
5. Monbukagakusho (sampe wawancara doang)

Kebayang ga ? hati kaya diiris pake sembilu tau gak ?? Malu.. sedih.. depresi.. nano-nano lah.

Gue bertanya-tanya sama Tuhan :
" Lord, you know the tears I cry before they fall, but why did You let this happen to me ? "
" Lord. are you really there ? "
" Lord do you hear my prayer ? "
" Lord, I can't bear this any longer.... please... "
" Lord..... "

Dan sekian banyak doa yang gue panjatkan. Yea, siapapun yang ada di posisi gue, pasti bertanya-tanya lah.

Tuhan kok gini banget sih sama gue ?

Saat itu gue gak ngerti rencana-Nya apa, dan iman gue di uji berat.

Banyak temen-temen gue yang memutuskan untuk masuk perguruan tinggi swasta atau PTS. Yaa gue ga semapan mereka guys. Biaya masuk PTS itu mahal. Jadi gue memutuskan untuk belajar bahasa Jepang untuk Mongukagakusho tahun 2015. Semua itu berjalan lancar, karena pertolongan Tuhan dan karena gue adalah orang yang fokus sama hal yang gue anggap menarik. Dan akhirnya gue mulai belajar untuk SBMPTN pada bulan Januari. Awalnya gue bingung gimana mulainya.

Bimbel ??

Privat ??


Gue bingung guys, coba lo pikirin betapa mahalnya lo harus bayar bimbel yang harganya berjuta-juta, belom lagi ongkos bolak-balik, buku-buku, dsb. Gue gamau ngerepotin orang tua, gue gamau nambah-nambah beban mereka dengan merengek minta dibimbelin kaya anak cengeng padahal itu ga menjamin masuk PTN. Banyak temen gue yang bimbel dari SMP, nyatanya nilai mereka biasa-biasa aja, ranking mereka biasa-biasa aja, dan PTN pun ga dapet. Bukannya nyombong ya, sedangkan gue yang ga bimbel sama sekali, dengan pertolongan Tuhan  secara konsisten menempati ranking 1 dari kelas 2 SMP sampai kelulusan SMK.

Gue kembali berdoa :

" Lord, please give me a way.. I don't want to burden my parents too much.. "

Dan this time, Tuhan ngejawab doa gue.
Satu saat ketika gue sedang browsing, gue ketik di google :

" Cara lolos SBMPTN "

Biar ada pemacu motivasi gitu. Eh, gue ketemu satu artikel 7 langkah strategis untuk belajar SBMPTN dari zenius.net yang ditulis sama om Glen Ardi . Dari situ gue baca reference lain dari post ini yang judulnya Apa sih Penyebab Utama Gagal Tembus SBMPTN ?.

Dari situ yang bisa gue simpulin adalah, you need to do more, you need to do your best, lo harus berkorban waktu, tenaga, dan pikiran lo supaya lo lulus SBMPTN dan lo GABOLEH SOMBONG MESKI LO ADALAH JUARA BLA BLA BLA DI SMA/SMK/ATO MAN LO. Why ?? Ketika lo merasa diatas semua orang, kepekaan lo berkurang, lo anggap semuanya gampang not out of you reach. Padahal orang lain mati-matian belajar dan berusaha sebaik-baiknya untuk dapetin kursi PTN, meskipun mereka ga sepinter lo. Yang mana yang punya lebih banyak peluang untuk berhasil ?? coba renungkan.


Nah, dari artikel-artikel zenius.net diatas, gue penasaran apa sih spesialnya zenius ? sebetulnya gue udah tau dari kelas 2 sih, kalo zenius itu semacam website untuk belajar secara multimedia lewat video. Tapi waktu itu gue skeptis, masa iya website kaya gini bisa bantu gue lolos UN ato SBMPTN ? Gara-gara 2 artikel diatas gue jadi penasaran, dan baca mind blowing articlesnya mereka, terutama articles yang ditulis sama bang Sabda PS :

The Virtue of Liberating Education
Deliberate Practice
Three Kinds of Knowledge
SNMPTN Alumni
SBMPTN as a Foundation for Life-Long Intellectual Development 


Dari tulisan-tulisan bang Sabda di atas gue jadi termotivasi dan mulai liat liat video di zenius.net. Awalnya gue udah semangat udah nonton video-video tentang Postulat Dasar.. tapi ketika gua nelusurin video Teori Matematika Dasar, video-videonya kaga muncul semua. Malah muncul si nyebelin ini :






Hahahaha ~ akhirnya karena saking sebelnya gue, gue langsung search produk-produk multimedia Zenius, dan akhirnya gue ga kagok minta Papa beliin Xpedia 2.0. Ya daripada lo ngabisin berjuta-juta buat hal yang ga pasti, Mending beli yang 850 ribu dengan usaha maksimal. Ya kan ?

Alhasil Januari itu gue belajar pake Zenius. ASELI, GUE NAGIH BELAJAR BROH !!

Gue adalah orang yang emang dasarnya seneng belajar, dan gue selalu tertarik sama sains. Ketertarikan gue terhadap sains itu ga terlalu berkembang di SMK, Karena kebanyakan gue praktek Multimedia. Now setelah nonton video-video Zenius, gue ngerti kenapa gue ga masuk, Gue belom siap, secara mental maupun materi buat ngehadepin SBMPTN. Maka dimulailah malam-malam begadang gue dengan Zenius. Saking membaranya semangat gue, gue bikin jadwal dan print semua soal-soal Zenius. Gue belajar 16-18 jam perhari, gue lalep itu soal zenius, gue bikin banyak mind map sampe abis 1 rim. Gue pake uang gue sendiri dari Opung tercinta buat beli beberapa buku referensi. Dan gua download buku Pdf kuliahan kaya Chang, sama Campbell gue baca sampe abis karena B.Inggris emang udah lekat banget sama gue, jadi gampang bacanya. Dan pada bulan Juni, dengan pertolongan Tuhan akhirnya gue udah selesai masukkin 3 tahun materi SMA ke kepala gue dalam waktu 6 Bulan. Dan hal yang paling indah adalah ketika gue jatuh cinta berat sama Biologi, thanks to bang Prasdianto yang udah bikin gue terkagum-kagum sama biologi, sampe-sampe rela begadang cuma buat liat beberapa video Youtubers tentang biologi.

Beberapa minggu terakhir sebelum SBMPTN gua abisin dengan ngelalep soal sama nyantai. Gue ngembailiin circadian clock gue ke kondisi normal. ( circadian clock : jam biologis )
Dan tibalah hari SBMPTN pemirsa ~
Sehari sebelumnya gue udah siapin satu set lengkap peralatan ujian sama papan dada, siapin juga makan siang dan persiapan lainnya sehingga gue siap besoknya.
Pada hari SBMPTN paginya Papa gue ribet bikinin " Energy Drink " A'la dia, yakni kuning telor campur madu putih. Itu energy drink bisa bikin muntah kalo lo ga kuat iman bro.
Back to the story, akhirnya gue ngerjain  soal SBMPTN, nomor peserta, nomor paket, nama sama tanggal lahir gue periksa sampe 10 kali, untuk mencegah kesalahan teknis.
Gue udah ngelakuin bagian gue, dan gue serahin sama Lord JC. DONE ~~~
Setelah gue keluar dari ruangan gue memutuskan untuk ga mikirin dan meriksa jawaban gue, kalo itung-itungan kasar gue sekitar 55% nilai gue.

Masa penantian pun dimulai, hari demi hari gue harus nanggung cercaan dari anggota keluarga gue. Kembali iman gue di uji. Tapi Papa gue sama ade gue selama ini gapernah ngejudge gue dan terus mendukung gue dalam doa dan selalu ngingetin gue dengan Firman Tuhan, sehingga gue tetep pada jalur iman gue.

Hari pengumuman SBMPTN pun tiba, saat itu gue lagi di Jakarta untuk tes Monbukagakusho. Setelah tes gue, gue pergi ke Starbucks untuk ngereward diri gue sendiri dengan uang tabungan gue. Gue nunggu-nunggu tu pengumuman sambil dag-dig-dug. Papa sama ade gue juga udah siaga ngecek situs SBMPTN. Jam 5 pas tu situs belom bisa dibuka. Jam 5.10 gue udah bisa buka tapi gue gak ngomong-ngomong sama Papa dan ade gue.

Gue masukkin tuh " nomor peserta " dan..... tulisannya...

 Maaf, anda gagal 


Dan gue segera baper, diem dan ga ngasih tau Papa gue yang terus menerus ngerefresh situs sbmptn yang ga keluar-keluar di HPnya. Sepanjang perjalanan gue tetep diem dan ga ngasih tau hasil "yang gue liat" sampe-sampe Papa gue marah dan bilang " Kamu harus bersukacita, Tuhan bilang kamu udah lolos ". WTH ???? udah jelas-jelas tertulis gue ga lolos. Karena sedihnya gue, gua ga ngasih tau apa yang "gue liat" biar Papa sama ade gua "liat sendiri" . Akhirnya dari Starbucks Plaza Indonesia kita meluncur pake mobil untuk pulang, dengan ade gue yang terus ngerefresh page SBMPTN. Gue sempet marah sama dia karena minta izin gua buat coba buka mirror yang ITB, karena gue gamau liat kekecewaan mereka berdua, gue dalem hati udah nerima  perkataan keluarga gue dan berpikir nasib gue jadi "Tukang Kerupuk" sama "Ibu Rumah Tangga" muka gue kaya dilipet-lipet murung ga jelas. Ketika gue marah sama ade gue, Bapa gue malah marahin gue dan bilang :

Apaan kamu ngelarang-larang buat buka ???? Kalau Tuhan udah buka pintu gak ada satupun yang dapat menutupnya


 Dan akhirnya gue setuju untuk ngebiarin ade gue ngebuka mirror ITB. Tiba-tiba dia treak......

Papaaa si kaka lolos SBMPTN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!! 
Gue melongo, langsung treak.. " AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA "

GUE GAPERCAYAAA ~~~ ITU TULISAN JELAS ADA NAMA GUE kira-kira begini  :

GRACE APRILIA HELENA
selamat, anda dinyatakan lulus SBMPTN 2015
Diterima di
SITH-S ITB 

GUE GA PERCAYAA ~~~~
TUHAN GA MEMPERMALUKAN GUE ~~~
GUE NGERTI MAKSUD TUHAN SEKARANG ~
DARI SOLONTONGAN ( SMEA (SMKN 3) ) Ke GANESHA (ITB)
GUE DARI SMK BISA MASUK ITB VROOOH....

Dan ternyata pengumuman yang gagal itu diakarenakan gue salah masukin nomor -_-............

Minimal Tuhan izinin biar ngetes iman gue, apakah gue bersyukur ato kaga dikasih musibah kaya gitu hahaha.
Ya itulah kelemahan gue.
Akhirnya keluarga gue pun diem.. temen-temen gue yang mempertanyakan pun diem, dan gue dengan pertolongan Tuhan mungkin jadi yang pertama dari sekolah gue yang masuk ITB.

Thank you Lord Jesus Christ, thank you Zenius, thank you Papa ~ Gue sekarang CAMABA ~~~~

Setelah berterimakasih atas anugrah Tuhan, gue berterimakasih banget sama Zenius dan Zenians di Line yang udah jadi perpanjangan tangan Tuhan untuk buat gue lolos SBMPTN.

Buat ade-ade yang mau lolos SBMPTN whether kamu dari SMA/SMK/MAN Ingat :
1. Tuhan yang terutama, lo bisa belajar sampe keak, tapi semua ada di tangan Tuhan
2. Asalkan ada tekad, lo pasti bisaa, gaperlu mahal-mahal bimbel, contohnya : Zenius
3. Lo butuh pengorbanan yang besar, waktu lo, tenaga lo, kesungguhan lo, dan rela ngelakuin        Deliberate Practice
4. Percaya sama diri lo sendiri, kalo bukan lo, siapa lagi coba ??
5. Jangan denger kata-kata orang yang ngeremehin lo, coba denger lagu Taylor Swift_Mean, sebodo-bodonya manusia, otak manusia itu sangat upgrade-able banget, inget peribahasa sunda " cikaracak ninggang batu " ( search di google )
6. Anggaplah lo jatuh cinta sama belajar

Buat Alumni :
1. Selama ada kesempatan ambil kesempatan yang ada.
2. Lakuin yang terbaik, jangan denger kata orang. What matters is you and God. Orang lain bahkan orang tua lo bisa banget loh skeptis sama kemampuan lo, kalo bukan lo yang percaya sama diri lo sendiri, siapa lagi heh ??.
3. Lo harus ngorbanin waktu lo, tenaga lo, dan kesungguhan lo terlebih kalo elo tuh bukan lulusan SMA


Sekian cerita dari gue, gue harap bisa memacu tekad lo untuk meraih kursi PTN dan apapun impian lo. Gue yang anak SMK,6 bulan belajar aja bisa, apa lagi elo dek, yang udah 3 tahun belajar di SMA, secara probabilitas, elo lah yang punya peluang lebih besar dari gue. Cuma terkadang perbuatan lo harus lebih dari yang lainnya, iman lo harus lebih dari yang lainnya. Iman tanpa perbuatan tuh mati, begitu juga sebaliknya, ibarat cerita tentang Zakheus.

Yang berjuang tahun 2016, SEMANGAT !!! LO PASTI BISA KALO LO BERJUANG DAN NGELAKUIN YANG TERBAIK, DITAMBAH DOA ~~

GBU

You Might Also Like

54 comments

  1. @alfattah.suyadi
    Eh ada Pattah :v
    yang paling sedih sekaligus ngakak adalah bagian celoteh anggota keluarga gue tentang tukang kerupuk.. right in the kokoro..

    ReplyDelete
  2. Mantap intinya selalu bersyukur dalam kondisi apapaun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, kurangnya gue di situ.. langsung baper duluan :'') manusia emang lemah ya..
      anyway thx for visiting~

      Delete
  3. inspiratif banget. ka boleh minta emailnya ga? aku pengen nanya2
    here's mine --> elzagitaa@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehh kamuu nongol di twitter sama fb :''v
      sook aja tanya ~ anyway thx for visiting ~

      Delete
  4. Replies
    1. Amiiin, sini sini tak mentorin pas OSKM :v ditunggu yaaa ~~ anyway, thx for visiting ~~

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Tambah semangat masuk PTN tahun depan, sebenarnya sudah diswasta tapi hati enggak 100% dan gue sekrang ini msih terus dibandingin dgn keluarga gue semua yang PTN "hanya gue seorang yang swasta, keluarga terus ngeliat sinis mata sipit-sipit, gue artiin (gue ini sampah). Makasih cerita sedih (mirip), perjuangannya (tingkat tinggi), dan doa lampau batas. Tambah semangat untuk PTN tahun depan lagi dan gue akan tunjukin sama keluarga dan teman gue lalu gue injang-injang mereka sampai babak belur biar dia liat gue juga bisa dan gue suruh jilat air liur mereka yang sudah ngata-ngatain aku.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry for the late reply~
      yah kadang kita justru mereka sih yang paling bikin kecewa.. hehehe
      SEMANGAT.. ~
      BTW gimana ? udah dapet PTN impian blum ? kalo masuk ITB kontek2 gw yak ~

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Oh sure grace, it's so inspiring. :)

    ReplyDelete
  10. cerita gw nyaris sama kak, lulus SMK tahun ini + gagal sbmp sama snmp tahun ini juga, gw masih nunggu bales dendam tahun depan,
    kalo sekarang masih di fase ngejer materi sampe lupa waktu sama nahan cercaan tetangga sama emak gw, doain gw supaya bisa naikin dagu gw lagi, nampangin muke cakep gw ke orang2 kak :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. SEMANGAT !!! janlup Tuhan sih dalam dalam segala perencanaan... ~ Show 'em what you got !! btw sorry for the late reply yak ~ :)

      Delete
  11. so amazed... makasih ceritanya y kk, semangat belajar gue mulai bersinar kembali deh... emang bener ya pepatah "bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian" thanks a lot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masamaa ~~ yah kadang harus gitu dulu sih.. sebelum merasakan nikmatnya.. ~ jangan patah semangat yaks ~

      Delete
  12. ane smk tkj apa bisa ka😭 & itu Monbukagakusho gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas, yang tau lu bisa ato engga ya elu sendiri.. gw gabisa mengukur kemampuan lu, banyak orang yang nanya kek gini " kak apa aku bisa masuk ITB ? " Yha... tergantung elunya sih.. lu mau berusaha ato kagak.. sama tergantung penyertaan Tuhan juga. Intinya lakuin aja yang terbaik

      Delete
  13. Wah ceritanya sama banget kayak cerita gw, alumni 2014, pake zenius, dan keterima di ITB karna anugerah dari Tuhan Yesus. Congrats deh buat loh, btw lo PMK apa KMK, Gw ivan FTI 2015

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAH ADA YANG MAHKLUK ITEBEH JUGA !!! Gw PMK cuy ~ tapi kagak aktif, aktif di UKJ ~ Kapan2 ngobrol kuy ~

      Delete
  14. Keren mba. ceritanya sangat menginspirasi saya. semoga saya bisa mengikuti jejak anda...Selamat yaa

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. kak sumpah kakak keren banget, semangat saya buat belajar kak kasi tau jadwalnya dong kak bisa belajar sampe 16-18 jam mantep����

    ReplyDelete
  17. keren banget, jadi semangat lagi

    ReplyDelete
  18. Serius tulisan ini luar biasa strengthening gua banget kak :) Trimakasih motivasinyaa

    ReplyDelete
  19. Keren banget kak perjuangannya ^^

    Aku juga asal dari SMK tapi SMK Analis Kesehatan di Semarang dan rencana ikut sbmptn 2017 dan mau ambil SITH S ITB, dan mulai belajar sbmptn bulan oktober 2016 pake zenius juga ^^

    Doain ya kak semoga keterima ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kakak, maaf baru bisa baca pesan kakak di tahun 2021 ini, mau bertanya kak, kakaknya sudah tahun keberapa di-ITB kak? Terima kasih.

      Delete
    2. mathphychem6@gmail.com
      Silahkan menjawab di email tersebut, terima kasih.

      Delete
  20. kak,aku juga dari smk :") jurusan multimedia,tahun depan aku ujian sbm dan baru mau mulai memakai zenius. semoga aku bisa nyusul ke itb ya kak :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kakak, maaf baru bisa baca pesan kakak di tahun 2021 ini, kak bagaimana hasil sbmptn pada waktu itu? Kakaknya sekarang sudah di ITB tahun keberapa kak? Terima kasih.

      Delete
    2. mathphychem6@gmail.com
      Silahkan menjawab di email tersebut, terima kasih.

      Delete
  21. Makasih atas ceritanya kak, bikin semangat lagi untuk perjuangin ujian tahun depan. Saya juga SMK kak, lagi dalam proses belajar juga, pake Zenius juga :D buat SBMPTN 2017 tahun depan. Minta bantu doanya ya agar bisa nyusul ke ITB :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kakak, maaf baru bisa baca pesan kakak di tahun 2021 ini, kak bagaimana hasil sbmptn pada waktu itu? Kakaknya sekarang sudah di ITB tahun keberapa kak? Terima kasih.
      mathphychem6@gmail.com
      Silahkan menjawab di email tersebut, terima kasih.

      Delete
  22. puji Tuhan dapet artikel yg bisa buat saya semangat lagi heheh :)


    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Ka, bukannya smk cuma bisa milih FSRD aja yah? Ko bisa masuk SITH sih?

    ReplyDelete
  25. Ka, bukannya smk cuma bisa milih FSRD aja yah? Ko bisa masuk SITH sih?

    ReplyDelete
  26. Yaampun kak kita banyak kesamaan. Aku SMA 6, Kakak SMK 6. Aku suka biologi, kakak jg suka biologi. Aku pingin masuk biologi SITHS ITB, kakak juga pingin masuk situ. Papa kita juga kayak nya punya karakter yang sama kak ((: bener2 terinspirasi sama tulisan ini.. semoga tahun ini aku lolos SITHS ITB aminn ya Tuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kakak, mohon maaf baru bisa baca pesan kakak di tahun 2021 ini, bagaimana kak, apakah sudah keterima di ITB kak? Terima kasih.

      Delete
    2. mathphychem6@gmail.com
      Silahkan menjawab di email tersebut, terima kasih.

      Delete
  27. Kak sumber belajar sbmptn paling enak darimana ya?? Zenius udah pasti ya kak?? Sama ada rekomendasi buku gak kak buat latihan soal?? Makasih kak..

    ReplyDelete
  28. ohh my gosh knp gw baru ketemu ni orang tahub ini :'(

    ReplyDelete
  29. Hello kak!ceritanya bener2 inspiratif bgt!!gue jg zenius user jg hehe so should i say hi or nah?btw ini udah h-9 pengumuman sbm. Gue takut bgt kak gue dah ditolak 3x�� gue pun baru selesai materi jg 70% dan bener2 pesimis bgt buat lolos :(. Btw semangat ya di itb nya kak hihi

    ReplyDelete
  30. Ka, selama kaka gagal di tahun pertama, ngisi waktu luang buat tahun depan apa kaka ambil gapyear ato tetap kuliah seadanya? Di tahun ini sya jg sbm dapet jurusan dan kampus yg ga diminatin sama sekali dan gagal di STAN TES TERAKHIR.jadi saya putusin buat ambil gap

    ReplyDelete
  31. pilihan pertama sbmptn sith kak?

    ReplyDelete
  32. ada kontak line/wa gak kak? pengen nanya nih

    ReplyDelete

  33. Q kerja di Hongkong 3 THN dlu Amat trsiksa Majikan gak baik Tiap hari di marahin kerja terus 24 jam jarang istrahat tidur mlm Kerja sampe subuh pgi klo lagi libur sekolah sibuk masak" boro" bisa istrirahat, pokoknya kerja.. kerja truss... jd TKW Bikin kapok tersiksa batin 3 THN, kebetulan wktu itu ada teman Q kenal namanya Mbah Jenggot di facebook, awalnya Q ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa..!! katanya sering di bantu sm beliau. ternyata dia seorang guru spritual Pesugihan Anka Togel 2D sampai 6D dan Pesugihan Dana Ghaib , tp Q beranikan diri coba telpon beliau. Tp Q memilih Pesugihan Dana Ghaib nya. Alhamdulillah benar2 terbukti nyata hasilnya, Q di Hongkong bisa pulang ke indonesia degan selamat jg dah Alhamdulilah 😇😇 jika ada teman minat ingin tlpn beliau ini nmr nya +6282291277145 smg bisa di bantu sprti Q. Amin...


    ReplyDelete
  34. puji tuhan, terimakasih kaka cantik:)))

    ReplyDelete

Search